KISI KISI UTS PERAKITAN KOMPUTER SEMESTER GENAP 2017
KISI KISI PERAKIAN KOMPUTER
- Ada beberapa type monitor yang perlu kita kenal di antaranya berikut ini:
1)
Type
CGA dengan resolusi 600 X 200 pixel dan kecepatannya 15.720 Khz
2)
Type
EGA dengan reolusi 640 X 350 pixel dan kecepatannya 21. 850 Khz
3)
Type
VGA dengan reolusi 640 X 480 pixel dan kecepatannya 31.500 Khz
4)
Type
SVGA dengan reolusi 800 X 600 pixel dan kecepatannya 35.200 Khz
5)
Type
XGA dengan reolusi 1024 X 768 pixel dan kecepatannya 31.500 Khz
- Perangkat output atau output devices adalah alat yang digunakan untuk menampikan informasi dari computer
- Jenis-Jenis Keyboard :
1.)
QWERTY
2.)
DVORAK
3.)
KLOCKENBERG
- Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard
- Peralatan proses pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia
- Memori atau RA adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpan data yang bersifat sementara, artinya jika komputer dimatikan maka data yang disimpan di dalam memori akan dihapus secara otomatis
- Media penyimpan data adalah Alat yang digunakan untuk menyimpan data atau program Diamana data yang disimpan tersebut dapat dibaca kembali untuk diprose oleh computer
- Media Penyimpan Utama (Internal Storage) yaitu
- RAM
(Random Access Memory) dan
-
ROM
(Read Only Memory)
b.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
1.)
QWERTY
2.)
DVORAK
3.)
KLOCKENBERG
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip
seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter
key
2. numeric
key
3. function
key
4. special
function key.
1. Typewriter
Key
Tombol
ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin
tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
·
Back Space
Tombol ini berfungsi untuk
menghapus 1 character di kiri cursor
·
Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu
indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik
akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati,
maka huruf akan menjadi kecil.
·
Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
·
Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
·
End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
·
Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
·
Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
·
Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
·
Page Up
Tombol ini berfungsi untuk
meggerakan cursor 1 layar ke atas
·
Page Down
Tombol ini berfungsi untuk
Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
·
Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric
Key
Tombol
ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow
key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai
angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai
arrow key.
3. Function
Key
Tombol
ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d
F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang
digunakan.
4. Special
Function Key
Tombol
ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila
ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan
bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan
bersamaan ctrl dan arrow key.
c.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan
(input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor
secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding
dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi
telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai
input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan
pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol,
umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.
Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak
tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik
(Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang
ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan
diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan
menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan
sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin
ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali
secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan
menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right
click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan
wireless.

Gambar 2.12 Mouse Wireless

Gambar 2.12 Mouse Wireless
d.
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
e.
Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik
yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).
Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
f.
Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada
permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
g.
Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
Gambar Barcode Reader
Gambar Barcode
Comments
Post a Comment